fbpx

Blog

News & Updates

Menghafal al quran – Bismillah. Segala puji bagi Allah Azza wa jalla Rabb semesta alam. Sholawat serta salam semoga senantiasa terlimpah kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam, beserta keluarganya, para sahabatnya, dan orang – orang yang mengikutinya dengan ihsan.

Mungkin sebagian orang ada yang komen tentang judul di atas, kenapa hanya anak – anak saja? Bagaimana dengan orang tuanya?

Seorang anak yang melihat ayahnya suka mengucapkan zikir, tahlil, tahmid, dan tasbih maka dia insya Allah akan mudah untuk mengucapkan Laa ilaaha illalloh, Subhanallah, Alhamdulillah, dan Allahu Akbar.

Seorang anak yang melihat ayahnya suka shalat berjama’ah di masjid, puasa senin kamis dan membaca Al Qur’an tentu akan berbeda dengan melihat seorang ayah yang suka pergi ke tempat hiburan, tempat perjudian, tempat konser dan tempat batil lainnya.

Seorang anak yang melihat ayahnya suka membaca Al Quran tentu akan berbeda dengan anak yang suka melihat orang tuanya yang suka mabuk – mabukan dan perokok berat.

Hal ini dikarenakan seorang anak akan mengikuti orang tuanya. Apapun yang dilakukan orang tuanya, tentu akan menjadi cerminan untuk anak – anaknya. Begitu pula ketika kita menyuruh anak – anak kita untuk menghafal al quran, tentu kita sebagai orang tua juga perlu mencontoh anak – anak kita, kita mesti lebih semangat untuk menghafal al Quran daripada anak – anak kita. Jelas ya?

Pentingnya menghafal Al Quran

Sesungguhnya menghafal Al Quran termasuk ibadah, jika dilakukan ikhlas karena Allah dan bukan mengharapkan pujian orang lain. Dan menjadi seorang penghafal Quran jangan diniatkan hafalannya untuk manfaat dunia yang dimana hafalannya dijadikan bisnis di dunia.

Ada beberapa keutamaan di dalam menjadi seorang penghafal al Quran yang bisa kita dapatkan dan keturunan kita dapatkan, antara lain

1. Didahulukan menjadi Imam ketika shalat berjamaah

Dari Abu Mas’ud Al-Ansori berkata, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Yang mengimami suatu kaum adalah yang paling banyak hafalan kitab Allah. Kalau dalam bacaan (hafalan) itu sama, maka yang lebih mengetahui sunnah…” (HR. Muslim)

2. Derajat di surga tergantung dari Hafalannya

Kedudukan hafidz Al Quran di surga, sesuai dengan banyaknya ayat yang dia hafal.
Dari Abdullah bin Amr Radhiyallahu ‘anhuma, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Ditawarkan kepada penghafal Al Quran, “Baca dan naiklah ke tingkat berikutnya. Baca dengan tartil sebagaimana dulu kamu mentartilkan al Quran ketika di dunia. Karena kedudukanmu di surga setingkat dengan banyaknya ayat yang kamu hafal.” (HR Abu Daud 1466 di shahihkan al-Albani).

3. Penghafal al Quran akan di temani oleh Malaikat

Dari Aisyah Radhiyallahu ‘anha, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Orang yang membaca dan menghafal Al-Quran, dia akan bersama para malaikat yang mulia. Sementara orang yang membaca al Quran, dia berusaha menghafalnya, dan itu menjadi beban baginya, maka dia mendapat dua pahala.” (HR Bukhari 4937).

4. Al Quran memberi syafaat bagi penghafalnya

Dari Abu Umamah al Bahili Radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Rajinlah membaca al Quran, karena dia akan menjadi syafaat bagi penghafalnya di hari kiamat. (HR. Muslim 1910).

5. Orang tuanya akan diberi mahkota cahaya kelak di akhirat

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Siapa yang menghafal Al Quran, mengkajinya dan mengamalkannya, maka Allah akan memberikan mahkota bagi kedua orang tuanya dari cahaya yang terangnya seperti matahari. Dan kedua orang tuanya akan diberi dua pakaian yang tidak bisa dinilai dengan dunia. Kemudian kedua orang tuanya bertanya, “Mengapa saya sampai diberi pakaian semacam ini?” Lalu disampaikan kepadanya, “Disebabkan anakmu telah mengamalkan al Quran.” (HR Hakim dan di hasankan al-Albani).

Bagaimana abi dan ummi? inilah beberapa hal tentang pentingnya menghafal al-Quran untuk kita pribadi dan keturunan – keturunan kita.

Allahu a’lam.

Semoga artikel ini bermanfaat.
Sumber hasil rangkuman dari konsultasisyariah.com dan muslimah.or.id.

Kami juga ingin menginfokan untuk teman – teman yang berada di sekitar Ciledug Tangerang sekitarnya, kami dari Sekolah Quran Tunas Ilmu membuka pendaftaran untuk PPDB 2020/2021. Untuk info lengkapnya silahkan klik disini.

(Visited 96 times, 1 visits today)